Vclass 3 Sistem Basis Data 2 - Pretest Proses Perancangan Basis Data (lanjut)

Jelaskan mengapa pada tahap perancangan Konseptual dan tahap Perancangan Logik, tidak tergantung pada DBMS yang akan digunakan?


Perancangan basis data secara konseptual merupakan upaya untuk membuat model yang masih bersifat konsep. Pada tahap perancangan Konseptual dan tahap Perancangan Logik, tidak tergantung pada DBMS yang akan digunakan.
Tujuan dari proses perancangan skema konseptual adalah menyatukan pemahaman dalam struktur database, pengertian  semantik, keterhubungan dan batasan-batasannya, dengan membuat sebuah skema database konseptual dengan menggunakan model  data ER/EER tanpa tergantung dengan sistem manajemen database. Dan juga Merancang  karakteristik   dari   transaksi–transaksi   yang   akan   di   implementasikan   tanpa tergantung   dengan   DBMS   yang   telah   dipilih. Pada tahap ini diidentifikasikan input, output dan fungsional.

Perancangan basis data secara logis merupakan tahapan untuk memetakan model konseptual ke model basis data yang akan dipakai(model relasional, hirarkis, atau jaringan). Namun sebagaimana halnya perancangan basis data secara konseptual, perancangan ini tidak bergantung pada DBMS yang akan dipakai.

Jadi, mengapa pada tahap perancangan Konseptual dan tahap Perancangan Logik, tidak tergantung pada DBMS yang akan digunakan yaitu karena pada perancangan Konseptual dan logikal mempunyai skema dan konsep masing-masing.  

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Perkembangan Nvidia Graphics Card Dari masa ke masa

Vclass 1 Sistem Basis Data 2 - Pretest Model EERD

Parallel Computing